Festival Danau Toba 2013



Yang Dulunya bernama Pesta Danau Toba, sekarang namanya diubah menjadi nama yang lebih fresh yaitu Festival danau toba, sebuah acara tahunan yang rutin diselenggarakan dalam rangka mempromosikan destinasi wisata Alam danau Toba ke para wisatawan Lokal, terutama Wisatawan asing. Festival danau Toba tahun 2013 ini akan dilaksanakan sekitar bulan september 2013 mendatang .


lokasi Pantai Pasir Putih Parbaba, Desa Hutabolon, Kecamatan Pangururan, sebagai salah satu lokasi temapt pembukaan Festival Danau Toba. Pasir Putih Parbaba merupakan salah satu dari empat objek wisata yang dipersiapkan untuk menyukseskan agenda nasional FDT yang akan menampilkan berbagai atraksi kesenian dan kekayaan budaya daerah serta perlombaan bertaraf internasional untuk meningkatkan pariwisata Danau Toba.

Sensasi yang ada di hamparan pasir putih dengan suguhan panorama indah dalam desiran angin segar mampu memanjakan para wisatawan, sehingga dinilai cocok menjadi salah satu objek wisata andalan di kabupaten berpenduduk 119.653 jiwa yang terletak di bagian tengah Provinsi Sumut itu. Kondisi pantai tersebut relatif landai dan dangkal dengan kedalaman berkisar antara dua hingga tiga meter dan cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga air. Sensasi yang ditimbulkan layaknya berenang dalam kolam air berukuran besar, tanpa khawatir adanya arus deras seperti di daerah pantai dataran rendah.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan peluncuran Festival Danau Toba untuk memopulerkan kegiatan budaya dan wisata di kawasan Danau Toba. Menurut Bupati Samosir, dalam peluncuran yang akan dilaksanakan di Jakarta itu, akan ditampilkan sejumlah pergelaran seni dan budaya yang terdapat sekitar Danau Toba. Dengan peluncuran dan penampilan seni budaya tersebut, diharapkan kegiatan Festival Danau Toba yang akan diselenggarakan September 2013 itu lebih terpublikasi dan menarik perhatian wisatawan, baik dalam mau pun luar negeri. Kemudian, untuk semakin memeriahkan peluncuran Festival Danau Toba, pihaknya akan mengundang sejumlah tokoh Sumut, termasuk yang berada di Jakarta. Karena itu, panitia sedang mendata sejumlah tokoh yang dinilai cukup dikenal dan memiliki perhatian dalam kemajuan kepariwisataan di kawasan Danau Toba. Bahkan, sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk kemajuan Danau Toba, Wamenparekraf Sapta Nirwandar juga ingin bertemu dan berdialog terlebih dulu dengan bupati dan wali kota di kawasan Danau Toba.
Jadwal Pelaksanaan Festival Danau Toba 2013

  •   Waktu: 8 – 14 September 2013
  •  Dipusatkan di:  Batu Hoda, Kecamatan Simanindo, panggung terbuka di Kecamatan Pangururan dan   Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo.


Share this post :

Post a Comment

Artikel Populer (Mingguan)

 
>> Copyright © 2012. Welcome to Greenland - All Rights Reserved
Template Created by Author Published by Blogger
Powered by Google